Home » Dunia Ilmiah » Skripsi Efektifitas Metode Pengajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Skripsi Efektifitas Metode Pengajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca  Al-Qur’anMakalah Efektifitas Metode Pengajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca  Al-Qur’an. Buat kalian semua yang sedang mencari Referensi Skripsi Pendidikan Agama Islam berikut ini saya mempunyai yang berjudul “Efektifitas Metode Pengajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca  Al-Qur’an” perlu kalian ketahui bahwa skripsi berikut ini benar-benar sudah komplet dan ter-ACC. Jika kalian tertarik dengan skripsi berikut ini kalian dapat menghubungi saya melalui kolom Hubungi Saya diatas. Untuk menjadi bahan pertimbangan untuk anda berikut ini saya kutipkan Bab I dari Skripsi Efektifitas Metode Pengajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca  Al-Qur’an.

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah                                                                      

Pendidikan ilmu Al-Qur’an   merupakan salah satu kebutuhan rohani yang mutlak diberikan Islam . Dengan memahami isi kandungan Al-Qur’an, maka akan terbentuk molaritas anak yang berbudi luhur dan bertaqwa kepada Allah SWT. Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umat manusia, sebagai pedoman dan panduan hidup dalam mencapai kebahagiaan dan keridhaan Allah SWT di dunia dan akhirat.  Al-Qur’anul karim adalah mukjizat Islam yang kekal dan mukjizatnya selalu diperkuat oleh kemajuan ilmu pengetahuan.

(Khalil al-Qattan, 2007: 1).

H.Ramayulis (2008: 202).  Seiring dengan tujuan pendidikan Islam Allah menciptakan manusia, yakni untuk mengadi kepada-Nya. Pengabdian pada Allah sebagai realisasi dari keimanan yang diwujudkan dalam amaliah untuk mencapai derajat orang yang bertaqwa di sisinya. Kemudian juga Allah menciptakan manusia sebagai Khalifah. Pengabdian dan ketaqwaan kepada Allah merupakan jembatan, untuk mencapai kabahagiaan hidup didunia dan akhirat.

Dalam mata pelajaran pendidikan agama,  yang  pertama dipelajari adalah baca tulis Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an merupakan pedoman hidup dan petunjuk bagi manusia dan harus di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga setiap siswa dituntut dapat membaca, menulis, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an. Hal ini sesuai dengan tujuan yang diharapkan pendidikan agama Islam  disekolah.

Bentuk pendidikan ilmu Al-Qur’an yang di laksanakan secara formal dan non formal.  Pendidikan ilmu Al-Qur’an yang di laksanakan secara non formal. Misalnya adanya pengajian-pengajian di rumah -rumah ,  majelis-majelis  atau musholah – musholah   dan yang di laksanakan di masyarakat pada umumnya. Kegiatan materi pembelajaran  lebih fokus pada praktek membaca Al-Qur’an dan pelajaran ilmu tajwid .  Dengan adanya pembelajaran ilmu tajwid dan tata cara membaca Al-Qur’an,  maka siswa diharapkan mampu mengaflikasikanya dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar.   Hal ini yang  mendasari penulis ingin mengetahui lebih jelas tentang pembelajaran ilmu tajwid dan ilmu tata cara membaca Al-Qur’an. lokasi yang di jadikan objek penelitiaan bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar      Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor.

Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan salah satu keharusan bagi setiap umat Islam.karena hal ini merupakan suatu perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW. Sebagaimana di sebutkan dalam firman Allah dalam surat Al-Alaq ayat 1 – 5.

Artinya ; “Bacalah dengan nama Tuhan-Mu yang menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah karena Tuhan-Mulah yang paling mulia yang mengajar dalam perantaraan Qalam, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahui (QS. Al-Alaq 1-5) (Al-Qur’an Terjemahan, 2006: 479)

Disebutkan juga dalam hadist Nabi SAW sebagai berikut :

Artinya ; “ Dari Ali Karamullah Wajhah, ia berkata Rasulullah SAW bersabda ; Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengerjakannya (Addamrani)  (Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an.  LPTQ NASIONAL:1995: 7).

Dalam ayat  lain dikatakan, dalam  QS Al-A’raap ayat 204

Artinya ; “Dan apabila dibacakan Al-Qur’an maka dengarkanlah dan diamlah,  agar kamu mendapat rahmat” (HM Roem rowi, 1997: 86)

Hal  lain yang dapat menunjang keberhasilan proses pengajaran ilmu tajwid terhadap bacaan  Al-Qur’an adalah dengan cara menggunakan metode yang baik dan tepat.  Oleh karena itu  hendaknya  disesuaikan dengan materi yang akan disajikan.  Dan ini merupakan tuntutan bagi setiap muslim pada umumnya, dan di khususkan bagi seorang pengajar.  Dalam menetapakan suatu metode pengajaran tajwid hendaknya didasari pula pada kemampuan yang telah dimiliki oleh guru tentang metode mengajar.

Pada prinsipnya tidak ada metode mengajar yang sempurna dan cocok dengan semua pokok bahasan,  namun setiap metode mengajar selalu memiliki kelebihan dan kekuraangan. Untuk itu keahlian seorang pengajar. Dalam menentukan suatu metode yang tepat.  Dalam suatu kegiatan belajar-mengajar seorang guru harus mengetahui tanggapan anak didik dalam mengikuti pelajaran yang diberikan,  sehingga dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dengan kemampuannya dalam memilih metode mengajar ini.

Seperti uraian di atas bahwa metode pengajaran ilmu tajwid merupakan suatu upaya dalam mencapai suatu tujuan. Maka salah satu metode pengajaran tersebut adalah dengan pengetesan baca  Al-Qur’an dengan cara lisan,  secara perindividu terhadap siswa-siswi Madrasah Ibtidahiyah Nurul falah Cibunar Parungpanjang.  Dengan metode pengajaran ini sangat efektif untuk mencapai tujuan dalam proses belajar-mengajar.  Bahwa pelajaran yang dapat dimengerti dan mudah dipahami oleh siswa-siswi tersebut, yaitu dengan cara tes lisan terhadap siswa-siswi sangat diperlukan.  Dengan demikian cara itulah mereka lebih mudah memahami pelajaran Al-Qur’an dengan menyimak apa yang disampaikan oleh guru.

Untuk ketercapaian tujuan dari suatu pengajaraan dalam ilmu tajwid terhadap Al-Qur’an tergantung pada efektif dan  tidaknya metode mengajar yang di gunakan. Metode bukanlah tujuan melainkan cara bagaimana mencapai suatu tujuan, dengan hal ini penulis dapat mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan penerapan ilmu tajwidnya.

Menurut maqolah ulama bahwa dalam “Muqodimah” nya Ibnu Khaldmun menunjuk pada pentingnya mengajarkan dan menghafal Al-Qur’an kepada anak-anak ia menjelaskan bahwa pengajaran Al-Qur’an itu merupakan pondasi pengajaran bagi seluruh kurikulum, sebab Al-Qur’an merupakan salah satu “Syiar Ad-din” yang menguatkan aqidah dan mengkokohkan keimanan

Dari “Asiyasah” nya Ibnu Sina menasehatkan agar kita mulai mengajar anak dengan pengajaran Al-Qur’an. Segenap potensi anak, baik jasmani maupun akalnya, hendaknya dicurahkan untuk menerima pelajaran ini,  agar anak mendapat bahasa asli dan agar aqidah bias mengalir dan tertanam kokoh dalam kalbunya.

Dari Maqolah Ibnu Kholdun dan Ibnu Sina ini dapat di simpulkan bahwa pengajaran membaca Al-Qur’an haruslah mendapat prioritas yang pertama di ajarkan kepada anak. Lisan yang sudah mampu membaca Al-Qur’an dan menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan sehari-hari, secara otomatis aqidah mengalir dan tertanam kokoh dalam kalbunya. Inilah pentingnya keberadaan TKA-TPA yang berusaha menanamkan kecintaan dan kemampuan membaca Al-Qur’an kepada anak-anak didik sedini mungkin. (LPTQ Nasional,1995:8).

Dengan kenyataan dan  realita yang ada di MIs Nurul Falah Cibunar Parungpanjang ternyata masih ada anak yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar,  dan diantara mereka ada yang belum mengenal huruf-huruf dan tanda baca Al-Qur’an. Karana banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal-hal demikian,  bisa saja dengan faktor lingkungan, faktor orang tua,  faktor anaknya sendiri,  dan bisa saja dengan faktor disekolah.

Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mendalami permasalahan ini lebih lanjut dan menuangkanya dalam bentuk  proposal skripsi yang berjudul  Efektifitas Metode Pengajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’anpada studi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar Parungpanjang Bogor.                                        

Identifikasi Masalah

Dengan demikian bertolak dari latar belakang masalah,  hal ini dapat diidentifikasi yang diduga mempunyai efektifitas terhadap kemampuan   membaca Al-Qur’an siswa kelas VB. MIs Nurul Falah  Cibunar  adalah sebagai berikut:

Apakah metode pengajaran ilmu tajwid dapat efektif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an

Apakah kinerja guru dapat efektif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an

Apakah cara balajar siswa dapat efektif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an

Apakah metode di pengajian-pengajian dapat efektif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an

Apakah peran orang tua dapat efektif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an

Apakah sarana dan prasarana dapat efektif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an

Apakah penambahan alokasi waktu dapat efektif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an

Pembatasan Masalah

Penelitiaan ini di batasi dari Permasalahan yang sangat luas, karena keterbatasan waktu dan dana, peneliti membatasi pada masalah yang hendak di teliti saja :  yaitu variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pengajaran ilmu tajwid. dan variabel terikatnya adalah kemampuan  membaca Al-Qur’an . Dalam hal ini peneliti akan meneliti efektifitas metode pengajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada MIs Nurul Falah Cibunar.

Perumusan Masalah

Sesuai dengan pembatasan masalah yang dikemukakan diatas, akan di bahas dalam penelitian ini meliputi :

Bagaimana metode  pengajaran ilmu tajwid di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar Parungpanjang – Bogor

Bagaimana  kemampuan siswa kelas VB dalam Al-Qur’an dengan benar di MIs Nurul Falah Cibunar Parungpanjang – Bogor

Seberapa besar  efektifitas metode pengajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VB di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar Parungpanjang – Bogor

Tujuan Dan Kegunaan Penelitian

Tujuan utama dalam  penelitian dan kegunaannya adalah sebagai berikut:

Penulis ingin mengetahui metode pengajaran ilmu tajwid pada siswa kelas VB dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar parungpanjang Bogor.

Penulis ingin mengetahui kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas VB dengan baik dan benar.

Penulis ingin mengetahui seberapa besar efektifitas metode pengajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan siswa kelas VB dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar Parungpanjang Bogor.

Adapun kegunaan penelitian ini secara teriotik dan praktik di harapakan dapat  memberikan analisis yang Ilmiah dan lebih rinci tentang pengaruh pengajaran ilmu Tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di  Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar Parungpanjang Bogor. Hasil penelitian ini di harapkan dapat berguna untuk :

Secara teoritik memberikan suatu gagasan bagi penyelenggaraan pendidikan yang berkenaan dengan efektifitas metode pengajaran ilmu tajwid dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap siswa.

Secara praktik dapat memberikan masukan kepada Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar parungpanjang kab. Bogor dan Lembaga Penyelenggaraan pendidikan, masyarakat peduli akan pendidikan serta aparat pemerintahan dalam penyelengaraan pendidikan.

Kerangka Berfikir

Membaca Al-Qur’an dengan baik dan tartil merupakan suatu kebutuhan rohani yang penting bagi manusia, apalagi untuk pengamalanya dalam beraktifitas kehidupan sehari-hari. Tanpa penguasaan ilmu tajwid terhadap bacaan Al-Qur’an akan cenderung menjadi terbiasa dengan membacanya tanpa mengetahui tajwid Al-Qur’an. Mereka akan mengalami kesulitan dalam membedakan tanda baca ayat yang dibaca panjang dan ayat yang dibaca pendek. Baik secara praktik membaca Al-Qur’an maupun hafalan-hafalan  yang dilaksanakan disekolah dan pengajian dilingkungan masyarakat.

Pengajaran tajwid Al-Qur’an  dengan baik dan tartil dapat dilaksanakan  secara formal maupun non formal. Pengajaran yang bersifat formal biasanya dilakukan disekolah dan perguruan tinggi, sedangkan pengajaran yang bersifat non formal biasanya dilakukan dirumah-rumah, pengajian-pengajian yang ada dilingkungan masyarakat. Jika ditinjau dengan dua faktor yang dapat mempengaruhi bacaan Al-Qur’an siswa yaitu faktor internal dan external. Kedua faktor tersebut berpengaruh terhadap bacaan Al-Qur’an seseorang. Faktor internal adalah yang berasal dari diri siswa,  misalnya motivasi, kesadaran diri,  semangat pengamalan,  penghayatan, dan lain-lain. Sedangkan faktor yang berasal dari luar siswa sendiri misalnya kesahatan, lingkungan, keluarga,  guru,  sekolah,  sarana dan prasarana, teman bermain,  masyarakat, dan sikap belajar. Dari uraian teori diatas, dapat digambarkan sebelumnya bahwa pengaruh ilmu tajwid yang berasal dari kemampuan dari luar siswa dapat mempengaruhi terhadap membaca Al-Qur’an seorang siswa.

Adapun materi dan metode yang digunakan oleh Nabi dalam mendidik para sahabatnya adalah materi dan metode dari kitab suci Al-Qur’an yang esensinya tidak akan pernah berubah sepanjang hayat.  Oleh karena itu,  bila kita ingin menghasilkan generasi berkualitas, maka seyogyanya kita mempola praktik pendidikan pada zaman Rasulullah Saw. Maka, bila materi dan metode pendidikan yang disampaikan dalam Al-Qur’an dapat disampaikan secara utuh oleh para pendidik masa kini, sangat memungkinkan untuk dapat menghasilkan suatu generasi yang tangguh dan berkualitas pada masanya sebagaimana generasi sahabat yang dibina langsung oleh Rasulullah Saw.

(Syahidin, 2009: 22).

Senada dengan hal itu, seorang orientalis bernama Charless L. Gedder pernah menyampaikan penilaiannya terhadap generasi sahabat itu, ia mengatakan : “ Islam merupakan agama yang diturunkan oleh Tuhan yang mempunyai masa lampau yang gemilau, pada masa itu (masa Rasulullah Saw.) mereka ditakdirkan memiliki seluruh persyaratan untuk memegang panji-panji kedamaian dialam raya ini, demikian pula halnya bagi generasi pengikutnya bila saja mereka mempertahankan panji-panji itu”.  (H.Syahidin,  2009: 22).

Dalam proses belajar-mengajar seorang guru harus mampu mencari dan menampilkan sebuah metode, sehingga anak didik mengerti dan paham terhadap apa yang disampaikan oleh guru yang bersangkutan. Metode guru dalam menyampaikan materi menentukan sekali terhadap kemampuan anak didiknya.

Hipotesis

Berdasarkan kerangka pemikiran yang telah diuraikan diatas, maka hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut :

Ho : Tidak terdapat efektifitas  terhadap kemampuan   membaca Al-Qur’an siswa di madrasah Ibtidaiyah Nurul falah  Cibunar Parungpanjang Bogor.

Ha:  Terdapat efektifitas terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an  siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Cibunar Parungpanjang Bogor.

P Y I    =  O – Ho    di terima,bila t hitung < t table

P Y I    =  O – Ha    di terima,bila t hitung  > t table

Sistematika Penulisan  

Dalam Proposal  Menggunakan Sistematika Sebagai berikut :

BAB I  PENDAHULUAN

Meliputi : latar belakang masalah, identifikasai masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, serta di akhiri sistematika penulisan.

BAB II  KERANGKA TEORITIS TENTANG EFEKTIFITAS METODE PENGAJARAN ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA  AL-QUR’AN

Meliputi : pengertian pendidikan agama islam,  pengertian efektifitas metode pengajaran ilmu tajwid,  kemampuan membaca Al-Qur’an,  faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kemampuan membaca AL-Qur’an            .

BAB III  OBJEK DAN METODE PENELITIAN

Meliputi : desain penelitian,  operasi Variabel,  populasi dan sampel penelitian,  teknik dan alat pengumpulan data,  dan analisis data dan rancangan uji hipotesis.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Meliputi : diskripsi data, pengujian persyaratan analisis,analisa data, pengujian hipotesis,dan pembahasan hasil penelitan, efektifitas metode pengajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an  siswa kelas  V di Mis Nurul Falah Cibunar.

BAB V PENUTUP

Meliputi : Kesimpulan dan Saran, setelah menganalisis data

Terlebih dahulu dengan teori-teori yang terdapat dalam literatur serta pendapat dalam penelitian.

DAPTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Related Post & Sponsor: Skripsi Efektifitas Metode Pengajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Skripsi Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis

Skripsi Pelaksanaan Kegiatan Promosi Dalam Usaha Meningkatkan Penjualan Pada PT. Goku Paint Indonesia

Skripsi Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nila-Nilai Agama Pada Anak Usia Pra Sekolah

Skripsi Pengaruh Skeptisme Profesional Auditor, Keahlian Audit Dan Pengalaman Auditor Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Audit Pada Akuntan Publik Di DKI Jakarta

Skripsi Penerapan Audit Operasional Atas Aktivitas Penjualan