Home » Dunia Ilmiah » Skripsi Implementasi Program Kelas Unggulan Di SMP Muhammadiyah

Skripsi Implementasi  Program Kelas Unggulan  Di SMP Muhammadiyah 4 DepokSkripsi Implementasi  Program Kelas Unggulan  Di SMP Muhammadiyah. Berikut ini saya akan berbagi refesensi skripsi yang berjudul “Implementasi  Program Kelas Unggulan  Di SMP Muhammadiyah 4 Depok” dan berikut ini saya kutipkan Latar Belakang Bab I dari Skripsi Implementasi  Program Kelas Unggulan  Di SMP Muhammadiyah 4 Depok. Perlu anda ketahui bahwa skripsi berikut ini benar” sudah Final jika anda tertarik dengan skripsi berikut ini anda dapat menghubungi saya melalui Hubungi Saya di atas. Berikut ini adalah kutipan Latar Belakang Bab I dari Skripsi Implementasi  Program Kelas Unggulan  Di SMP Muhammadiyah 4 Depok.

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang

Dalam dunia pendidikan konsep pemikiran bahwa siswa merupakan sentral dalam proses pendidikan, maka penyelenggaraan pelayanan pendidikan secara beragam  menjadi sebuah keharusan bahkan mejadi kewajiban Setiap anak (individu) memiliki potensi dan perilaku serta karakteristik diri atau nature-kebaikannya yang secara primordial telah ada sejak ia lahir.  Oleh karena itu, menjadi hak asasi bagi setiap anak untuk mendapat layanan pendidikan yang mampu menumbuhkembangkan seluruh nature-nya secara baik.  Apabila tidak demikian, maka para pendidik (baca: orang tua dan lembaga pendidikan) dapat dikatakan telah berbuat tidak adil dan tidak bijaksana.  Bahkan bila dilihat dari semangat spiritualitas pendidikan anak, pendidik (orang tua dan lembaga pendidikan) telah berbuat tidak amanah atau tidak dapat dipercaya oleh pemberi amanah yakni Tuhan yang Mahakuasa.  Oleh swesbab itulah  menyelenggarakan pendidikan yang sesuai potensi dan karakteristik anak menjadi sebuah keharusan untuk mengembangkan poeni mereka..

Kita menyadari bahwa Perbedaan individu merupakan aset diri individu yang dapat dikembangkan agar sesuai dengan takaran kemampuan yang ada pada diri individu tersebut.  Dalam konteks pendidikan, maka dipandang perlu adanya implementasi Diffusion of Education Concept yakni pelayanan dan sistem pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa sebagai pemenuhan hak dasarnya.  Hal ini berarti setiap individu siswa hendaknya memperoleh kesempatan untuk mengembangkan bakat dan potensi komprehensif dirinya yang tidak mesti sama satu sama lain.  Dengan ini pula sekolah telah menyelenggarakan sistem pendidikan yang amat demokratis.

Thomas Jefferson yang dikutip Dr.Reni Akbar Hawadi, dalam buku Keberbakatan Intelektual menggunakan konsep Diffusion of Education dalam memberi landasan atas pentingnya memberikan layanan pendidikan secara khusus kepada anak-anak berbakat secara intelektual.  Dengan kata lain konsep layanan pendidikan yang  kongruen (sama dan sebangun) untuk setiap karakteristik dan potensi diri siswa yang berbeda tentu saja kurang tepat.  Bahkan pada taraf tertentu dapat dikatakan mereduksi hak asasi individual anak tertentu yang berkarakter dan berpotensi.

Undang-Undang No. 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 5 ayat 4 menyebutkan bahwa warga negara yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus.  Perlunya pendidikan khusus bagi siswa yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa dilakukan melalui program layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik, sehingga potensi peserta didik dapat berkembang secara utuh dan optimal.

Strategi pendidikan yang ditempuh selama ini bersifat massal, dan disamaratakan untuk seluruh kemampuan siswa, akibatnya keunggulan siswa muncul secara acak, tidak optimal dan tergantung kepada motivasi dan lingkungan belajarnya.

Tingkat keberhasilan yang dicapai para siswa cukup berhasil dilihat dari kemampuan para siswa dalam bersaing memasuki sekolah menengah Negri.  Namun demikian permasalahan psikologis yang mungkin terjadi diantara para siswa maupun lulusan program ini dan atau kekurangan lembaga sebagai penyelenggara belum dilakukan evaluasi secara komprehensif.

Untuk mengembangkan dan mencapai hasil yang lebih baik sesuai tujuan program ini dan menghindari dampak negatif yang mungkin dapat terjadi, sekolah penyelenggara perlu senantiasa mengevaluasi dan mengembangkan kemampuannya dengan terus meng-update pengetahuan maupun hasil riset yang ada.  Untuk hal tersebut perlu  dilakukan kerjasama dengan lembaga yang cukup kompeten untuk melakukan identifikasi menyeluruh mencakup masalah-masalah yang berkaitan dengan psikologi siswa, identifikasai bakat, minat dan potensi siswa lainnya serta pengembangan pemenuhan kebutuhan siswa.

Dalam penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang memiliki kecerdasan/bakat istimewa landasan yuridisnya adalah ;

  • UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: Pasal 5 ayat 4 “ Warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus”
  • UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pasal 52 ” Anak yang memiliki keunggulan diberikan kesempatan dan aksesibilitas untuk memperoleh pendidikan khusus
  • Peraturan Pemerintah No. 72 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan  (SNP)
  • Permendiknas No. 34 tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Istimewa.

Sejak tahun 1999 SMP Muhammadiyah 4 Depok telah menyelengarakan layanan pendidikan bagi siswa berbakat intelektual  dengan diselengarakannya program kelas unggulan .Hal ini dilandasi kenyataan adanya beberapa siswa yang diterima termasuk dalam kategori memiliki potensi yang lebih dari temannya sehingga perlu dilayani sebagaimana mestinya.  Dalam kurun waktu tersebut, pelaksanaannya selalu berlandaskan kepada teori-teori pendidikan sejak dari proses rekrutmen, proses pengajaran oleh para guru maupun pemantauan perkembangan psikologis oleh psikolog maupun guru BK.  Disamping itu proses komparasi dan belajar kepada lembaga lain maupun  kepada ahli senantiasa dilakukan.  Sejauh ini pelaksanaan dan evaluasi dilakukan cukup signifikan dengan mengikutsertakan  keberbagai kegiatan yang bersifat pengembangan pendidikan.

Related Post & Sponsor: Skripsi Implementasi Program Kelas Unggulan Di SMP Muhammadiyah

KTI Skripsi Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Senam Hamil

Skripsi Evaluasi Tindakan Penagihan Aktif Terhadap Pencairan Tunggakan Pajak

Makalah Hakikat Dan Hubungan Ilmu Politik

Skripsi Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Terhadap Harga Saham

Skripsi Peran Seorang Ibu Dalam Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini