Home » Dunia Ilmiah » Skripsi Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Terhadap Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa

Skripsi Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Terhadap Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris SiswaMakalah Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Terhadap Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa. Buat anda yang sedang mencari Referensi Skripsi Pendidikan Anak Usia Dini berikut ini saya mempunyai yang berjudul “Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Terhadap Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa”, perlu anda ketahui bahwa skripsi berikut ini benar-benar sudah final. Jika anda tertarik dengan Skripsi Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Terhadap Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa anda dapat menghubungi saya pada kolom Hubungi Saya diatas. Untuk menjadi bahan pertimbangan anda berikut ini saya kutipkan Bab I dari Skripsi Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Terhadap Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa.

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Dunia pendidikan sekarang ini secara nyata telah berkembang pesat, hal ini terlihat jelas dengan adanya usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,  melalui proses belajar mengajar dengan paradigma baru yaitu bahwa pengetahuan tidak begitu saja bisa ditransfer oleh guru ke pikiran siswa, tetapi pengetahuan tersebut dikonstruksi di dalam pikiran siswa itu sendiri. Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa (teacher centered), tetapi yang lebih diharapkan adalah bahwa pembelajaran berpusat pada siswa (student centered). Dalam kondisi seperti ini, guru atau pengajar lebih banyak berfungsi sebagai fasilitator pembelajaran. Jadi, siswa atau pebelajar sebaiknya secara aktif berinteraksi dengan sumber belajar, berupa lingkungan. Lingkungan yang dimaksud adalah guru itu sendiri, siswa lain, kepala sekolah, petugas perpustakaan, bahan atau materi ajar (berupa buku, modul, selebaran, majalah, rekaman video, atau audio, dan yang sejenis).

Berkembangnya paradigma diatas dibarengi juga dengan perkembangan teknologi media pendidikan. Dunia pendidikan diharapkan mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di era globalisasi melalui pengajaran yang berbasis student-centered dan juga penggunaan teknologi media pembelajaran yang sesuai dengan zaman. Media pembelajaran merupakan wahana dan penyampaian informasi atau pesan pembelajaran pada siswa. Dengan adanya media dalam proses belajar mengajar, diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Oleh karena itu, guru di harapkan dapat menghadirkan media yang sesuai bagi kurikulum dan tentunya menarik, demi tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran setiap tahun selalu mengalami perkembangan, karena masing-masing media memiliki kekurangan berdasarkan penggunaannya. Peserta didik juga cepat dapat merasakan kebosanan dan kejenuhan apabila media yang digunakan itu-itu juga, tidak menarik dimana media yang kurang menarik akan bersifat verbalistik, seperti media yang berupa teks book panjang yang membosankan. Oleh karena itu perlu sekali diadakannya perbaikan media guna menunjang proses belajar mengajar. Harus diakui, bahwa keberhasilan dalam proses pembelajaran tidak lepas dari media dan bahan ajar yang baik yaitu yang dapat menarik minat siswa, sesuai dengan bidang studi dan tidak melenceng dari kurikulum.

Mutu pendidikan Taman Kanak – kanak  dapat meningkat sekarang ini dan tentunya akan meningkat terus di masa mendatang dengan keberadaan awal yang telah mengenal dan memberikan pembelajaran dengan teknologi media pembelajaran yang menarik minat siswa, membangkitkan kembali minat siswa untuk mempelajari kembali materi yang disajikan dan memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan media ajar tersebut. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah dengan media Audio Visual.

Pesatnya perkembangan dunia pendidikan juga dapat dilihat dari berkembangnya materi pembelajaran atau kurikulum, seperti adanya kurikulum muatan lokal  pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini, yang dimulai dari Taman Kanak Kanak,bahkan di sebagian sekolah di kota-kota besar pendidikan Bahasa Inggris sudah dimulai dari Kelompok Bermain.       Bahasa Inggris adalah Bahasa asing yang dianggap penting, dimana Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang sangat berpengaruh dalam Dunia Internasional, yang diajarkan untuk penyerapan dan pembangunan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan pengembangan hubungan antar bangsa.

Selama ini proses pembelajaran pengenalan kosakata pada mata pelajaran bahasa inggris di TK Tunas Mentari salah satunya adalah dengan menggunakan Media Audio Visual terutama VCD. Media yang digunakan ini oleh para guru dirasakan cukup efektif, karena siswa dapat menggunakan panca indera yang dimilikinya secara cukup optimal (mendengar, melihat dan juga mengulang/mengikuti). Semakin banyak panca indera yang digunakan oleh siswa maka sesuatu yang dipelajari akan mudah diterima dan diingat, akhirnya media dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik dan menyerap pelajaran lebih cepat.

Berdasarkan uraian di atas penulis membuat penelitian yang berjudul “Penerapan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bahasa terhadap  Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak di  TK Tunas Mentari”.

Identifikasi Masalah

Dari latar belakang di atas dapat diidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut :

Bagaimana pelaksanaan Penerapan media audio visual dalam pembelajaran bahasa ,khususnya pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di Taman kanak – kanak ?

Bagaimana Kemampuan berbahasa dan pengguasaan kosa kata Bahasa Inggris anak   sesudah digunakannya media audio visual sebagai media ajar ?

Apakah pelaksanaan penerapan dengan Media audio visual dapat mempermudah anak  dalam memahami kosakata bahasa inggris dengan baik ?

Apakah anak yang tidak suka  pembelajaran melalui media audio visual kemampuan kosa kata bahasa inggrisnya rendah ?

Apakah ada pengaruh pelaksanaan penerapan media audio visual terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris anak di Taman kanak – kanak ?

Perumusan Masalah

Untuk mengarah kepada pokok permasalahan yang di teliti maka masalanya di rumuskan sebagai berikut:

Bagaimana pelaksanaan penerapan media audio visual dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris anak di TK A Tunas Mentari-Ciputat?

Bagaimana kemampuan berbahasa Inggris siswa di TK A Tunas Mentari-Ciputat sesudah digunakannya media audio visual sebagai media ajar?

Apakah ada pengaruh pelaksaan penerapan media audio visual terhadap kemampuan kosa kata Bahasa Inggris siswa sdi TK A Tunas Mentari-Ciputat?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:

Untuk mengetahui bagaimana penerapan audio visual dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris anak.

Untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris siswa TK A Tunas Mentari.

Untuk mengetahui adakah pengaruh pelaksanaan penerapan media audio visual terhadap pembelajaran kosa kata bahasa inggris siswa di TK A Tunas Mentari.

Metodologi Penelitian

Tempat dan waktu penelitian

Penelitian di laksanakan di Tk Tunas Mentari Situgintung – Ciputat.

Waktu Penelitian di laksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan  Mei – Juni 2010.

Populasi dan sample

Populasi

Populasi dalam penelitian ini adalah Guru dan murid di TK A Tunas Mentari yang berjumlah 14 Siswa.

Sampel : Karena jumlahnya kurang dari 100 maka teknik yang di gunakan adalah teknik  Populasi sampling atau pengambilan secara keseluruhan, yaitu 14  siswa di TK A.

Prosedur Pengumpulan Data

Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut:

Observasi

Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung terhadap objek penelitian untuk memperoleh data mengenai keadaan TK A Tunas mentari Situgintung – Ciputat .

Sebagai metode Ilmiah, Observasi biasa diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan dengan sistematis atas fenomena – fenomena yang diteliti. Observasi yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah observasi berperan serta (Participant Observation), dimana peneliti terlibat kegiatan sehari – hari orang yang sedang diamati atau yang digunakan sebagai sumber data penelitian .

Angket

Angket yang digunakan peneliti adalah pertanyaan tertutup. Yaitu pertanyaan yang mengharapkan responden untuk memilih alternatif jawaban dari setiap pertanyaan yang telah tersedia. Angket ini akan di tujukan kepada Guru TK A Tunas materi untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran bahasa inggris.

Tes lisan

Tes lisan di berikan kepada murid oleh peneliti untuk mengetahui tingkat kemampuan kosa kata bahasa inggris yang siswa ketahui.

Teknis Analisa Data

Dalam penelitian ini teknis analisa data yang di gunakan adalah :

Sistematika Penulisan

Penulisan skripsi yang dilakukan melalui penelitian ini disusun berdasarkan prosedur penulisan yang telah baku dan untuk lebih jelasnya berikut ini gambaran isi proposal skripsi, yang terbagi menjadi lima bab:

Bab I Pendahuluan yang mencakup : latar belakang masalah, identifikasi masalah, perumusan masalah dan pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan

Bab II Landasan teori dan kerangka berpikir terdiri dari: Pengertian pembelajaraan, ciri – ciri pembelajaran, prinsip –prinsip pembelajaran, pengertian media pembelajaran, fungsi media pembelajaran,  Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di Taman Kanak-Kanak , kerangka berfikir.

Bab III Hasil Penelitian  meliputi Deskripsi data objek penelitian  yaitu sejarah berdirinya TK , Letak geografis TK, Struktur Organisasi TK, Keadaan murid dan guru, Administrasi kegiatan belajar  dan fakta – fakta / data temuan lapangan yang meliputi

Penerapan media audio visual

Kemampuan kosa kata bahasa inggris siswa.

Bab IV Analisis penelitian berisi tentang pembahasan mengenai :

Pelaksanaan penerapan media audio visual

Kemampuan kosa kata bahasa inggris siswa.

Pengaruh pelaksanaan peneraoan media audio visual terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris siswa.

Bab V Penutup berisi tentang kesimpulan dan saran mengenai :

Penerapan media audio visual.

Kemampuan kosa kata bahasa inggris siswa

Pengaruh penerapan media audio visual terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris siswa TK.

Related Post & Sponsor: Skripsi Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Terhadap Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa

Skripsi Strategi Meningkatkan Kemampuan Penyidikan Tindak Pidana Korupsi

Skripsi Relevansi Jarimah Hudud Dengan Perkembangan Kontemporer

Skripsi Hubungan Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Efektivitas Tugas Guru

Skripsi Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Carpal Tunnel Syndrome

Skripsi Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas V