Home » Dunia Ilmiah » Skripsi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Paud

Skripsi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak  Anak Usia DiniSkripsi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak  Anak Usia Dini Di Paud. Skripsi di bawah ini yang berjudul “ Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak  Anak Usia Dini Di Paud Al-Bi’ru Desa Setu Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan” skripsi tersebut sudah final atau sudah terjamin kwalitasnya. Berikut ini kutipan BAB I Skripsi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak  Anak Usia Dini Di Paud.

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang

Anak-anak adalah karunia dan rahmat dari Allah SWT, kehadiran mereka dalam keluarga adalah sesuatu yang dinantikan, karena anak-anak merupakan salah satu sebab yang membawa kebahagiaan kedua orang tua. Kedua orang tua berkewajiban mendidik, mengarahkan dan mengasuh agar menjadi Individu yang sholeh dan berakhlak mulia. Peranan orang tua mendidik dalam rumah tangga sangat penting karena dalam keluarga seorang anak mula-mula memperoleh bimbingan dan pendidikan dari orang tuanya.[1] Karena keduanya tampil sebagai orang tua yang mempunyai fungsi dan peranan serta tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik sehingga melahirkan pola komunikasi khusus pola diantara mereka sendiri maupun dalam hubungan putra-putrinya. Mereka sedapat-dapatnya berpegang pada suatu pola kebijakan yang sejarah, pertama-tama mereka akan tampil sebagai pelindung dan pengayom putra-putrinya di dasari kasih sayang. [2]

Pendidikan dimasa kanak-kanak merupakan dasar pembentukan pribadi muslim, untuk itu penanaman agama akan dimulai sejak usia kanak-kanak, sehingga sudah seharusnya lembaga Pendidikan memperhatikan masalah ini dengan penuh perhatian. Dalam hal ini Nabi Muhammad SAW bersabda :

”Setiap anak yang dilahirkan, ia dilahirkan dalam keadaan fitrah (kesucian), maka kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan ia sebagai seorang yahudi, hasrani atau majusi.” (HR. Al Bukhori) [3]

Pendidikan akidah harus ditanamkan kepada generasi muda harapan bangsa. Akidah merupakan inti dasar keimanan seseorang yang harus dilakukan dalam rangka pembentukan karakter berbasis akidah dalam kehidupan mereka untuk meneruskan perjuangan agama Islam. Hal ini selaras dengan telada pada firman Allah SWT. Pendidikan akidah merupakan process of instruction an training, yaitu kegiatan membimbing anak manusia menuju kedewasaan dan kemandirian. [4]

Kesadaran akan tanggung jawab mendidik dan membina anak secara terus menerus perlu di kembangkan kepada setiap orang tua, mereka juga perlu di bekali dengan teori-teori pendidikam modern sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, tingkat dan kualitas materi pendidikan yang diberikan dapat digunakan anak untuk menghadapi perubahan oleh perbedaan tempat dan waktu. Bila hal ini dapat di lakukan oleh setiap orang tua, maka generasi mendatang telah mempunyai kekuatan mental menghadapi perubahan dalam masyarakat. Untuk dapat berbuat demikian, tentu saja orang tua perlu meningkatkan ilmu dan keterampilannya sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Upaya yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas diri orang tua antara lain dengan cara belajar seumur hidup, sebagai diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu :

“Belajar seumur hidup dan menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimat tanpa kecuali.” [5] Oleh karena itu, para orang tua yang ingin menanamkan kesadaran beragama kepada anak-anaknya, haruslah memahami dengan jelas, bahwa masalah agama adalah hal yang sangat urgen (penting, utama).

Ada 3 (tiga) factor mengapa kesadaran beragama perlu ditanamkan sedini mungkin kepada anak-anak.

  1. Agama memberikan bimbingan dalam kehidupan manusia sejak masih anak-anak, dimasa dewasa, sampai kepada hari tua, agar beradab, bermoral lahur dan berprikemanusiaan.
  2. Agama dapat melolong manusia sejak masa anak-anak agar menjadi seorang yang tabah, seorang yang sabar dan pikirannya terbuka dalam menghadapi pronlema yang ada.
  3. Agama dapat membimbing anak-anak dapat hidup tenang, jiwanya lebih tentram, dan terhindar dari godaan serta cobaan. Dengan emikian, anak-anak akan merasa bahwa Tuhan telah turut campur dan bersedia menolong mereka untuk menanggulangi masalah yang dihadapi dalam mencapai cita-cita mereka. [6]

Berdasarkan hal tersebut, terdapat suatu dugaan bahwa orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung dapat berpengaruh terhadap pendidikan akhlak anak. Hal tersebut penting dan menarik untuk diangkat dalam sebuah penelitian. Maka, perlu kiranya untuk meneliti lebih lanjut yang akan dituangkan ke dalam.

Judul    :    Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan AKidah Bagi Anak Usia Dini Di Paud Al-Bi’Ru Setu Tangerang Selatan.

B.     Pembatasan dan Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini di batasi pada tiga masalah yaitu :

  1. Apa tujuan pendidikan islam ?
  2. Bagaimana peran orang tua terhadap pendidikan akidak pada anak ?
  3. Bagaimana cara mendidik anak sejak usia dini menurut islam ?

C.    Tujuan Pembahasan dan Kegunaan Penelitian

  1. Mengetahui tentang tujuan pendidikan islam.
  2. Mengetahui tentang peranan orang tua dalam mendidik akhlak sesuai dengan kondisi anak.
  3. Mengetahui tentang cara mendidik anak sejak usia dini menurut islam.

Adapun kegunaan penelitian adalah :

  1. Memberikan masukan kepada orang tua tentang pentingnya membimbing akhlak sejak usia dini.
  2. Memberikan kepada pengelola pendidikan dan kepada instansi pemerintah agar memperhatinkan akidah anak agar kelak anak didik lebih beriman.
  3. Untuk melengkapi tugas dan memenuhi salah satu syarat ujian guna mencapai gelar Sarjana S1 dalam bidang Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Tinggi Tarbiyah Tangerang Banten.

D.    Metode Penelitian

Sesuai dengan pokok penelitian ini, yaitu mengunakan peranan orang tua dalam pendidikan akidah anak, maka penelitian yang di gunakan melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti dengan menggunakan angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan dari hasilnya. Demikian tugas pemahaman akan kesimpulkan penelitian disertai dengan table, grafik, dan lain-lain. [7]

Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Menurut winarno Surakhmad, penelitian deskriptif adalah “penelitian yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, menentukan dan menafsirnya data yang ada. [8] Sedangkan penelitian korelasional adalah penelitian yang di tunjukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel yang lain. [9] Dengan menggunakan metode deskriptif korelasi ini diharapkan penelitian tidak hanya sekedar pengumpulan data, melainkan analisis dan membuat kesimpulan.

Teknik pengambilan Sampel

Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian popilasi penelitian populasi hanya dapat dilakukan bagi populasi terhingga dan subyeknya tidak terlalu banyak. [10]

Berdasarkan batasa di atas maka dapat ditetapkan bahwa populasi ini adalah siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Bi’ru yang ada di Kecamatan Setu Tangerang Selatan.

Tujuan penetapan sampel adalah untuk memperoleh gambaran tentang keadaan populasi. Sedangkan dalam menentukan jumlah sampel, penulis menggunakan teknik sampel (random sampling). Pengambilan sampel secara acak berarti setiap individu dalam populasi mempunyai peluang sampel dan memungkinkan digunakan perhitungan statistic inferensial. [11]

Teknik Pengumpulan Data

Observasi

Teknik observasi dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung ke tempat penelitian, yaitu PAUD Al-Bi’ru yang ada di Kecamatan Setu. Dengan teknik ini diketahui secara langsung peranan orang tua dalam pendidikan akidah anak.

Wawancara

Wawancara adalah proses pengumpulan data atau informasi melalui tatap muka antara pihak ditanya atau penjawab. [12] Wawancara ini dilakukan pada orang tua anak dan guru.

Dengan wawancara ini diharapkan mendapat data sebagai pelengkap dari data-data yang telah didapatkan dengan teknik lain atau yang belum di dapat. Adapun isi wawancara mengenai peranan orang tua dalam pendidikan akidah anak.

Angket

Angket adalah factor yang berisi pertanyaan atau pertanyaan yang disusun secara khusus untuk menggali dan menghimpun keterangan atau informasi yang cocok untuk dianalisis. Dari penyajian angket tersebut diharapkan mendapatkan data yang dionyek. [13] Angket ini diberikan kepada responden, maksudnya untuk mengetahui data tentang peranan orang tua dalam pendidikan akidah anak siswa PAUD yang ada di Kecamatan Setu.

Teknik Analisis Data

Setelah data-data terkumpul, maka ditempuh langkah-langkah menganalisis data. Analisis ini di lakukan untuk menguji dan menghitung variabel X dan variabel Y secara terpisah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Menghitung normalitas variabel
  2. Analisis korelasi
  3. Menguji pengaruh variabel X terhadap variabel Y

E.     Sistematika Penulisan

Dalam sistematika penulis akan di uraikan, antara lain Bab I Pendahuluan, terdiri dari Latar Belakang Masalah, Pembatasan Masalah dan Perumusan Masalah, Tujuan Pembahasan dan Kegunaan Penelitian, Metode Penelitian dan Sistematika Penulis.

Bab II kerangka teori, terdiri dari peranan orang tua dalam pendidikan anak pada usia dini, Pendidikan Agama Islam sebagai bidang studi.

Bab III Metode Penelitian, terdiri dari Operasional Variabel, Tempat dan Waktu Penelitian, Populasi dan Sampel, Teknik dan Alat Pengumpulan Data, dan Pengolaan dan Analisis Data.

Bab IV Hasil Penelitian, teridiri dari Gambaran Umum Lokasi Penelitian, Deskripsi Data dan Pengolahan dan Analisa Data.

Bab V Penutup, terdiri dari Kesimpulan dan Saran-saran.

Itulah isi dari BAB I Skripsi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak  Anak Usia Dini Di Paud untuk keterangan lebih lanjut lagi berikut ini Daftar Isi Skripsi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak  Anak Usia Dini Di Paud.

Catatan Kaki

[1] Ending Saifuddin Anshari, Wawasan Islam, (Bandung: Pustasalma 1 TB, 1983), Cet. Ke – 1 hal. 104

[2] Dr. M.I. Soelaeman. Pendidikan Dalam Keluarga, (Bandung: C.V ALFABETA 2002), Edisi. Ke – 11, hal. 66

[3] Abu Abdullah Muhammad bin Ismal Al-Bukhari, Shanih Bukhari. (Bairut : Bahrunnai) Jilid II, h. 125.

[4] M. Syamsulhadi, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : Yuma Pustaka, 2010), Cet ke I, hal. 5.

[5] Fuad Hasan, Dasar-dasar Kependidikan, (Bandung : Rineka Cipta, 1995), Cet – ke I, h. 64.

[6] Henry N Srahaan, peranan Ibu-Bapak Mendidik Anak, (bandung : Angkasa, 2001), cet – ke 4, h. 143.

[7] Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : Rineka Cipta, 2002) Cet – ke – V, h. 10.

[8] Winarno Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiah. (Bandung : Tarsito, 1985) Cet – ke – 1, h. 139.

[9] Nuna Syaudih Sukmadinata, Metode Penelitian Kependidikan. (Bandung PT. Remaja Rosda Karya, 200777), Cet – ke – 3, h. 54.

[10] Suharsimi Arikunto, Opcit, h. 108.

[11] Nana Syaodih Sukmandinata, Opcit, h. 252.

[12] Sudjana, Metode Statistik, (Bandung : Tarsito, 1986), h. 234.

[13] Sudjana, Opcit, h. 231.

 DAFTAR ISI

Halaman Judul

Halaman Pengesahan Skripsi

Abstraksi

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Tabel

Daftar Halaman

Bab I Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Pembatasan dan Perumusan Masalah

Tujuan Pembahasan dan Kegunaan Penelitian

Hipotesis

Metode Penelitian

Sistematika Penulisan

 

Bab II Kerangka Teori

Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak Usia Dini

Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini

 

Bab III Metode Penelitian

Operasional Variabel

Tempat dan Waktu Penelitian

Populasi dan Sampel

Teknik dan Alat Pengumpulan Data

Teknik Pengolahan dan Analisis Data

 

Bab IV Hasil Penelitian

Gambaran Umum Lokasi Penelitian

Deskripsi Data

Pengolahan Data dan Analisis Data

 

Bab V Penutup

Kesimpulan

Saran-Saran

 

Daftar Pustaka

Lampiran-Lampiran

Skripsi di atas benar-benar sudah teruji kwalitasnya karena sudah mendapatkan Lembar Pengesahan dari Universitasnya. Apakah anda tertarik dengan Skripsi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak  Anak Usia Dini Di Paud jika anda tertarik dengan skripsi di atas anda dapat menghubugi Co2 melalui Hubungi Saya diatas. sekian dan terima kasih.

Related Post & Sponsor: Skripsi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Paud

Makalah Filsafat Hukum

Makalah Hukum Administrasi Negara

Skripsi Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A Melalui Metode Bercerita di RA Nurul Iman

Skripsi Pengaruh Kreativitas Guru Pada Pendidikan Moral Agama Islam Anak Usia Dini

Skripsi Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Agama Orang Tua Terhadap Prilaku Anak